manfaat dan tujuan adiwiyata

Program Adiwiyita yang di buat oleh Pemerintah Melalui kementrian Lingkungan Hidup demi tujuan mulia menyelamatkan lingkungan.
Sesuai dengan Pengertian Adwiyata dan Tujuan Adiwiyata Menciptakan Lingkungan Pengajaran yang Siswa,Guru dan Warga Sekolahnya Sadar akan Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup dan ikut di dalamnya

Adiwiyata memiliki manfaat terhadap sekolah yang mendapatkan gelar adiwiyata ,diantaranya adalah ;

Sekolah dapat Lebih berperan aktif dalam menciptakan kawasan yang peduli dengan lingkungan
Sekolah bisa menciptakan siswa – siswa yang sadar akan lingkungan
Sekolah bisa berperan dalam semua kegiatan dalam rangka mengurangi global warming
Sekolah bisa menjadi sarana penyalur pendidikan lingkungan secara praktek langsung

tidak hanya manfaat pada Sekolah , siswa  juga mendapatkan banyak manfaat yang positif karena program Sekolah Adiwiyata ini seperti:

Siswa dapat membiasakan agar membuang sampah pada tempatnya
Siswa dapat mengerti pentingnya memilah – milah sampah
Siswa dapat mengerti bahwa barang bekas bukan hanya untuk dibuang tapi juga dapat dimanfaat kan

5 NORMA DASAR PROGRAM ADIWIYATA
1.     KEBERSAMAAN
2.     KETERBUKAAN
3.     KESETARAAN
4.     KEJUJURAN
5.     KEADILAN DAN KELESTARIAN FUNGSI LINGKUNGAN HIDUP DAN SUMBER DAYA ALAM.
ISU GLOBAL ADALAH KABAR YANG TIDAK JELAS TETAPI MENYEBAR DI TENGAH MASYARAKAT / MASALAH YANG DIKEDEPAKAN UNTUK DI TANGGAPI SECARA UMUM DAN KESELURUHAN.

Kerangka Program ADIWIYATA, berdasarkan indikator sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, sejumlah kriteria yang ditetapkan dimaksudkan untuk memudahkan implementasikan program Adiwiyata sehingga kriteria tersebut perlu dijabarkan agar dipahami oleh masing-masing pelaksanaan program. Penjabaran kriteria telah disusun dengan sederhana dan diharapkan tidak menambah beban bagi sekolah dan warganya dalam mengikuti program Adiwiyata. Penjabaran kriteria Program Adiwiyata dibuat dalam bentuk kerangka program dan sekaligus digunakan untuk pengelompokkan tahapan Program Adiwiyata.

  1. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan (SPBL)
  2. Pengembangan Kurikulum berbasis lingkungan.
  3. Pengembangan kegiatan / pendidikan berbasis partisipatif.
  4. Pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah.

Semoga Bermanfaat :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s